PASCAL

Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu.

Kelebihan

Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah:

Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: Boolean, integer, real, char, string,
User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) Selain itu, Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).
Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman yang popular dan sering digunakan di dil lingkungan akademis(universitas). Salah satu alasannya, pascal memiliki struktur data dan cara penulisan (syntax) paling teratur bila dibandingkan dengan bahasa permrograman lainnya. Kali ini saya akan menjelaskan cara menuliskan program dalam bahasa Pascal.
Kompiler yang digunakan adalah Free Pascal(dapat di-download di www.freepascal.org), tapi Anda juga dapat menggunakan compiler lainnya,seperti Turbo Pascal.Bagi yang belim mengetahui apa itu compiler,compiler adalah program khusus yang bertujuan untuk memeriksa kebenaran syntax(tata bahasa) program, kemudian jika tidak ada kesalahan, program diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sehingga siap untuk dieksekusi.

Struktur Program dalam Bahasa Pascal :
Di bawah ini merupakan struktur umum penulisan program dalam Pascal:

program
uses
begin
end.

• Judul Program, merupakan deskripsi tentang isi program yang kita buat.
Contoh:
program Pengolahan_Data_Mahasiswa2;
Judul tidak boleh diawali angka, tidak boleh mengandung spasi dan karakter-karakter khusus lainnya, seperti: ?#@

• Daftar unit, berisi daftar unit yang akan dipakai di dalam program.
Contoh:
uses crt;
Unit merupakan kumpulan kode-kode siap pakai yang memiliki kegunaannya masing-masing. Pada contoh di atas kita menggunakan suatu unit yang bernama crt, yaitu unit yang berisi kumpulan rutin(prosedur atau fungsi) yang berkaitan dengan pengontrolan PC, yang terdiri dari layar,keyboard,warna,dan suara.
Jadi setelah kita menuliskan uses crt; kita dapat menggunakan berbagai macam fungsi yang ada di dalamnya, misalnya ClrScr; ,yang berguna untuk membersihkan layar.

• Bagian deklarasi,dapat berisi:
o Tipe data
o Konstanta
o Variable
o Prosedur
o Fungsi
o Label

Deklarasi-deklarasi tersebut akan dijelaskan lebih lanjut kemudian.
contoh:

{deklarasi konstanta}
const
pi=3.14;

{deklarasi variable}
var
nama:string;

{deklarasi prosedur}
procedure Garis;
begin
writeln(‘————————————————-‘);
end;

{deklarasi fungsi}
function kuadrat(s:integer): integer;
begin
kuadrat:= s*s;
end;

• Statemen-statemen, berisi perintah-perintah yang akan ditulis. Statemen-statemen ini harus beada di dalam blok begin-end
contoh:
begin
ClrScr;
writeln(‘Tutorial Pascal’);
luas:= pi*r*r;
…..
end.

Program Pertama
Di bawah ini merupakan contoh program yang dapat Anda coba tuliskan pada IDE compiler Anda:
program Pertama;

uses crt;
var
nama:string;

begin
ClrScr;
write(‘Siapa nama Anda ? ‘);
readln(nama);
writeln(‘Selamat Belajar Pascal, ‘,nama);

readln;
end.

Coba Anda Run program tersebut. Program akan meminta user untuk menuliskan namanya,misalnya Anda mengetikkan ‘gunawan’ ,maka program akan menampilkan:
Selamat Belajar Pascal, gunawan

Demikian postingan ini dibuat..
Komentar pembaca mungkin dapat membantu menyempurnakannya lagi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*