FEDORA

Fedora sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat.Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan
di logo Red Hat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core yang kemudian berubah menjadi Fedora pada rilis ke-7.

Salah satu visi utama Fedora tidak hanya mengandung software dibawah lisensi software open source dan gratis, tetapi juga menjadi teknologi yang mutakhir.engembang fedora lebih membuat perubahan yang signifikan daripada hanya memperbaiki khususnya untuk bahwa update Fedora dapat digunakan oleh semua Linux.

fedora memiliki siklus kehidupan yang singkat. Versi X dipertahankan hanya satu bulan sampai versi X+2 diluncurkan. Dengan hanya 6 bulan selisih, dan periode perawatan hanya 13 bulan setiap versinya.

Pada tahun 2008, Linus Torvalds, pemilik dari Linux kernel, mengatakan bahwa dia menggunakan Fedora karena Fedora memiliki dukungan yang cukup bagus untuk arsitektur prosesor PowerPC, yang dia rasakan setiap waktu.

Keamanan adalah salah satu fitur penting di Fedora. Salah satu fitur yang terdapat pada Fedora adalah Securtiy-Enchance Linux, fitur Linux yang mengimplementasikan kebijaksanaan keamanan linux, termasuk pengawasan aksess perintah, melalui Modul keamanan Linux pada Linux kernel. Fedora adalah salah satu dari distribusi yang memimpin dengan SELinux. SELinux diperkenalkan pada Fedora Core 2. tetapi ini dinonaktifkan, karena mengubah secara radikal bagaimana sistem operasi bekerja, tetapi diaktifkan lagi pada Fedora Core 3 dan diperkenalkan dengan sedikit tepat.

Kelebihan fedora antara lain:
Distro yang banyak fiture, mapan dan aman
Tampilan desktop yang memukau
Populer di Amerika, dan sekitar 50% digunakan oleh para pencinta linux
Fitur keamanan yang baik, dengan adanya SElinux (Scurity- Enchanced Linux)
Tidak mundah terkena virus seperti di windows
Sudah terdapatnya libreoffice yang siap digunakan untuk perkantoran
Kekurangan Linux Fedora
Tidak sestabil Debian atau Slackware untuk server
Tidak semudah dan semutakhir Suse atau Mandrake untuk penggunaan desktop.
Fedora adalah distribusi untuk keperluan umum.
Multimedia yang kurang (secara default) tidak dapat memutar format Windows Media, MP3, atau DVD.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*